Mencapai Impian Messiaen: Et Exspecto La Meije – Nigel Simeone

menambahkan Luana Hidup , Koordinator Pemasaran

Nigel Simeone adalah penulis lepas dan musikolog, tamu Sering penyiar, dosen dan guru. Dia adalah co-editor Messiaen: musik, seni dan sastra, dan co-penulis Olivier Messiaen: Oiseaux Exotiques (yang diterbitkan oleh Ashgate). Nigel juga co-penulis (dengan Peter Hill) dari biografi diakui Messiaen, versi Perancis, yang memenangkan Prix René Dumesnil dan Academie Française pada tahun 2008. Sejak tahun 2005, Nigel diundang untuk kuliah satu tahun (dalam bahasa Perancis) dalam konser Messiaen Au pays de Meije , yang berlangsung di desa La Grave (Hautes-Alpes). Posting ini adalah kisah perjalanan terakhirnya.

**

Pada tahun 1963, Andre Malraux Messiaen memberi perintah dari pemerintah Prancis untuk bekerja untuk memperingati mati di dua perang dunia. Menurut pernyataan yang dibuat oleh komposer setelah pertemuan mereka, Malraux meminta “Kerja adalah mudah untuk berkonsentrasi” (“une oeuvre mudah solenelle”) dan sonorities kuat. Setelah awalnya mempertimbangkan sepotong paduan suara besar, Messiaen akhirnya menetap di formasi umum woodwind, kuningan dan perkusi logam. Hasilnya adalah Et Exspecto Penghakiman mortuorum (“Dan aku menantikan kebangkitan orang mati”), pertama kali bermain untuk peserta diundang di Sainte-Chapelle di Paris pada tanggal 7 Mei 1965 dan sejak 20 Juni lalu. 1965 di Katedral Chartres dan General de Gaulle yang hadir

Dalam pengantar skor diterbitkan (Leduc, 1967), Messiaen menulis bahwa dia bekerja untuk kinerja “di tempat-tempat yang besar: gereja, katedral dan bahkan di udara terbuka dan di langit-langit gunung, “menambahkan bahwa terdiri dari Et Exspecto ‘di Hautes-Alpes, sebelum upacara dan tema kuat yang adalah kebenaran rumah saya.” Ketika Jacques Longchampt Ulasan kinerja Chartres Et Exspecto Le Monde (24 Juni 1965), lebih spesifik, mengungkapkan bahwa “Messiaen berharap bahwa hal itu bisa didengar sebelum pegunungan La Meije, di pegunungan”, penulis sesekali keinginan yang dalam sebuah wawancara dengan Claude Samuel, menyatakan bahwa mereka ingin mendengarnya

La Meije, menghadap desa La Grave di Hautes-Alpes, “La Grave, menghadapi La Meije Glacier.” ada di 3983 m (lebih dari 13.000 kaki), dan fitur yang populer adalah Glacier menakjubkan disebutkan Messiaen. Ia mengunjungi La Grave di banyak acara, termasuk perjalanan 2 Agustus 1964, ketika ia bekerja keras dalam Et Exspecto . Sejak tahun 1998, desa adalah rumah bagi tahunan Festival Messiaen Au pays de la Meije, ide Gaetan Puaud, ia berencana setiap tahun dengan visi dan keberanian untuk tujuan berbagai aspek musik Messiaen ini. Saya sangat senang telah kembali setiap tahun sejak tahun 2005, Gaetan diundang untuk berbicara tentang aspek kehidupan Messiaen dan pekerjaan yang mencerminkan program festival.

 01 Tiba di Glacier 2015 50 tahun Et Exspecto Penghakiman mortuorum ; Pada bulan Januari, Gaetan Puaud bertanya apakah aku sudah siap untuk berbicara tentang asal-usul dan sejarah kinerja asli. Saya sangat senang untuk menerima, terutama ketika dia mengatakan kepada saya bahwa ia berencana untuk menunjukkan udara terbuka di Et Exspecto di Plateau pusat terbesar di Telepherique terletak pada 2400 m, dengan salju sebagai latar belakang yang menakjubkan: kesempatan besar dan liar. Ini adalah perayaan berani dan megah dari setengah abad Et Exspecto . Di antara para pemain adalah Orchestre Philharmonique de Strasbourg, Les Percussions de Strasbourg (yang anggotanya asli dimainkan 1965 premier), dan konduktor Slovenia Marko Letonja, direktur musik orkestra sejak 2012.

18 Juli 2015 pagi itu awan, tapi indah di La Grave, dan ketika saya mulai pra-konser bicara pada Et Exspecto di 11 di desa di Salle des fetes, matahari mulai menerobos. Lalu aku duduk di luar Hotel Castillan (yang menghadapi Glacier), dia berbicara dengan teman-teman dari Perancis dan Belgia, dan perasaan adalah salah satu antisipasi paling tajam untuk apa yang datang di kemudian hari: bahkan pengunjung festival paling letih hampir gagal untuk gembira dengan prospek mendengar salah satu Messiaen karya-karya besar yang dilakukan di lingkungan yang indah. Kami makan siang juga dimeriahkan oleh tontonan kasus biasanya sangat serius kontainer burung diangkut ke tempat dengan helikopter. Kecuali untuk pejalan kaki pengalaman, Anda bisa lakukan melalui gletser adalah tentang telepherique, kereta api kendaraan kecil tidak bergerak dalam jumlah besar Percussion – termasuk tiga besar TAM-TAM, seluruh keluarga dan gong, tiga set cencerros besar (cowbell), yang semua memiliki peran utama dalam Et Exspecto . Pemain orkestra membuat jalan mereka ke atas gunung setelah mencoba untuk membuat listrik penutup yang sempurna Et Exspecto untuk Arte TV, yang hadir untuk merekam konser untuk siaran nanti.

test Glacier

Uji Glacier

Festival akan dimulai pukul 17.00, dan pada 03:45, aku pergi satu mobil kabel dan istri saya Jasmine, dan tiga teman-teman yang juga di La Grave kekuasaan: Tom Owen dan Jess Jevon dari Inggris, dan Lucie Kaya Paris Conservatory – panduan ahli untuk musik Jolivet dan harta teman-temannya yang membuat terjemahan France Messiaen memujiku kerjasama. Pada saat kami tiba di stasiun pada 2400 m, langit abu-abu dan batu tulis menyenangkan awan mencari. Tapi apa yang telah kita lihat dan dengar – dan penonton mencari tempat tinggal di rumput dan di gletser sebagai tahap alami hati ditetapkan untuk orkestra – itu baik fundamental dan sangat bergerak. orkestra dipraktekkan gerakan ketiga, dan itu adalah pengalaman yang luar biasa untuk mendengar sedih Messiaen cowbell besar bermain di sebuah gunung di Pegunungan Alpen – artistik, Konsep Baru gamelan yang terinspirasi dari apa yang selalu menjadi bagian penting dari Alpine soundscape mereka, setelah gerakan tiga, kami akan menyelesaikan run-melalui kelima dan terakhir gerakan, terinspirasi oleh garis dari Wahyu: “Et j’entendis dari Voix d’une besar kotor …” (“Lalu aku mendengar suara himpunan besar orang banyak”). Tujuan Messiaen di sini adalah sangat efektif di luar: gong mengalahkan teratur disetel, lonceng tubular dan periode TAM-TAM, termasuk keparahan menarik topik yang luas saxhorn terkenal bass, tuba, trombon dan tanduk. Itu adalah kuat dan menarik suara, yang bahkan lebih menggetarkan saat bernapas dan warbling descants nya cencerros menambahkan gembira. Final, serangan langit-resolusi tampaknya mencerminkan kemegahan Kepala lingkungan itu sendiri

 hujan off

hujan off

Semua yang menggoda Avant-Gout apa yang harus mengikuti. Dengan 15 menit untuk pergi, orkestra dan tahap dibersihkan segala sesuatu tampak mengatur untuk acara yang mengesankan. Tapi lima menit kemudian, gerimis ringan mulai turun; Sebagai tindakan pencegahan, pustakawan ia mengumpulkan bagian orkestra dari rak dan alat-alat yang masih tertutup panggung. Setelah waktu yang singkat, gerimis berubah menjadi hujan deras berlangsung, dan menurut jadwal waktu mulai 17:00, guntur terdengar gemuruh gunung, segera diikuti oleh listrik. Ada beberapa ketidakpastian tentang apa yang akan terjadi, tapi tentang 5:15, jelas bahwa konser tidak bisa mengambil tempat (paling tidak karena tidak ada jubah orkestra), sehingga para pemain mengemasi instrumen mereka, dan penonton besar (tiket saya adalah No. 564) , dan baik pergi langsung ke telepherique, atau berlindung di gudang gunung. Dengan berat hati, ia akhirnya bergabung dengan antrian panjang untuk kembali turun gunung secepat konser akhirnya ditinggalkan. 04 transportasi helikopter Kami sampai di kaki gunung sekitar pukul 19.00, yang ketika helikopter dalam penerbangan di atas alat yang hebat kembali turun mereka kabel penerbangan percobaan bergoyang di akhir masa. Cuaca ini sangat berubah-ubah di Pegunungan Alpen, dan tiba-tiba dan tak terduga-benar berubah, dan tidak ada yang bisa memprediksi apa yang terjadi selanjutnya: dalam waktu setengah jam dan matahari bersinar di La Grave dan Glacier, dan terus melakukannya selama sisa malam. Sampai saat itu, pemain dan penonton hanya bisa menyaksikan langit tak berawan hampir dan penyesalan pedih apa yang mungkin terjadi. Tapi itu terlambat: cuaca berbahaya Alpine menang, dan impian Messiaen tetap belum direalisasi, setidaknya untuk saat ini

 La Grave = 469, 19:30

La Grave, 19:30

Ada selalu adalah rencana alternatif: untuk menempatkan pekerjaan dalam lebih besar Collegiale Notre-Dame-et-Saint-Nicolas Briançon

tiket dan Telepherique konser

tiket konser dan Telepherique

Jika Negara Cuaca buruk hari sebelum (pada kenyataannya itu sempurna), atau bahwa ada cuaca serius mengancam, saya tidak meragukan bahwa akan direlokasi. Tapi konser itu tidak mudah untuk pindah ke tempat lain ketika orkestra sudah terpasang di gunung. Meskipun keputusan ternyata berbahaya, tidak ada yang saya berbicara dengan makan siang pikir itu ancaman serius hujan: sebaliknya, kesepakatan antara pengalaman Alpinistes adalah bahwa mereka adalah pertanda baik. waktunya tidak bisa lebih beruntung: dia konser dijadwalkan satu jam sebelumnya – atau dua jam kemudian – bisa terjadi. Saya sungguh-sungguh berharap bahwa film Arte cukup lengkap untuk dapat mendistribusikan kinerja dicatat dalam praktek sore hari: harus diingat bahwa komunitas musik dan alam Messiaen yang paling umum

Nigel Simeone, 20 Juli 2015



sports

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *